Tuesday, 11 December 2012

Komunitas Matapena dan Kegiatannya

Komunitas Matapena Liburan Sastra di Pesantren LSdP#7
(Komplek Candi Arjuna, Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah)


KEGIATAN

  1. SMS
    Bukan SMS dengan hape kamu. SMS di sini singkatan dari Sekolah Nulis Sampeiso. Keren kan?
    Sampeiso bahasa Indonesianya, kira-kira ya Sampai Bisa. Terbayangkan gak sih, kamu ikutan sekolah menulis dengan harga terjangkau, tapi dipantau terus sampai kamu benar-benar bisa menulis? Di SMS, kamu akan dibimbing para sastrawan ternama, belajar bersama dengan para fasilitator, serta berbagi dan berkreasi dalam literasi.
  2. Bikin Buletin
    Ini merupakan ajang kamu berlatih menulis, berlatih jurnalistik, dan belajar berorganisasi.
  3. Tahlilan Sastra
    Tahlian Sastra, sebuah forum kamu berekspresi. Baca puisi, baca cerpen, atau baca novel di atas panggung. Di sini kamu dapat ketemu pula dengan komunitas lain dan berjejaring. 
  4. Ngobrol Sastra
    Wah, di forum ini kamu bakalan surprise ketemu sastrawan-sastrawan besar. Yang pernah datang dan ngobrol dengan anggota Komunitas Matapena, misalnya, Ahmad Tohari, D. Zawawi Imron, Acep Zamzam Noor, Agus Noor, Joni Ariadinata, Agus Sunyoto, Abidah el-Khaeliqy, Binhad Nurrohmat, Evi Idawati, dan lainnya.
  5. Bermaya
    Kita juga dapat ngirim karya ke dunia maya, melalui web-site Komunitas Matapena yang cantik dan ciamik. Alamatnya, www.matapena.org
  6. Nerbitin karya
    Sampai saat ini, Komunitas Matapena sudah nerbitin 30-an novel, kumpulan cerpen, dan kumpulan puisi. Ingin menyusul? Karya kamu yang layak terbit pasti diterbitin deh.
  7. Roadshow
    Para penulis Komunitas Matapena juga melaksanakan Roadshow ke sekolah dan pesantren di beberapa daerah. Sampai saat ini sudah ada 150-an lebih sekolah dan pesantren yang dikunjungi oleh Komunitas Matapena.
  8. Liburan Sastra di Pesantren
    Emang Sastra diliburkan? Nggaklah. Maksudnya, Komunitas Matapena juga mengadakan kegiatan pendampingan sastra yang dikemas secara fun di waktu liburan sekolah semester satu (bulan Januari) dan semester 2 (bulan Juli) . Sudah delapan kali Komunitas Matapena mengadakan Liburan Sastra, yakni di Pesantren Kaliopak LSdP#1 (2008)  dan Pesantren Sunan Pandanaran LSdP#2 (2009), (untuk yang ketiga dan ke empat ane lupa cuy), Dusun Santan Pajangan Bantul--LSdP #5, PP Kaliopak Yogyakarta--LSdP3 #6, UNSIQ Wonosobo dengan tuan rumah Sahabat Matapena Rayon Wonosobo dari PP Al-Asy'ariyyah LSdP#7, MA Hasyim Asy'ari Bangsri Jepara LSdP#8, dan yang akan datang adalah di Riyadhul 'Ulum wad Da'wah Condong Tasikmalaya LSdP#9. Dihadiri oleh sastrawan dan budayawan nasional dan ikuti oleh peserta dari berbagai daerah di Indonesia.
  9.  Workshop dan Pelatihan
    Komunitas Matapena juga kerap mengadakan Workshop dan Pelatihan, di antaranya: Workshop Penulisan Novel, Workshop Penulisan Cerpen, Workshop Penulisan Skenario, Workshop Jurnalistik, dan lain-lain.

FASILITAS ANGGOTA KOMUNITAS

  1. Mendapatkan kartu anggota yang cantik.
  2. Mendapatkan info seluruh kegiatan komunitas melalui e-mail, milis, atau web. 
  3. Mendapatkan buletin komunitas.
  4. Mendapatkan diskon untuk kegiatan-kegiatan yang diadakan komunitas.
  5. Mendapatkan diskon 50% untuk buku yang diterbitkan Matapena.
  6. Mendapat mentoring kepenulisan.
  7.  Menjadi panitia kegiatan-kegiatan komunitas.

CARA MENJADI ANGGOTA

  1. Keanggotaan terbuka untuk remaja, tanpa batasan usia dan pendidikan.
  2. Mengisi formulir pendaftaran dengan lengkap (bisa di download).
  3. Menyerahkan satu lembar photo 3x4 (bebas tapi sopan). 
  4. Membayar uang pendaftaran Rp. 30.000,- untuk ganti biaya cetak kartu anggota dan akan mendapatkan kompensasi 1 buku matapena (dapat memilih). 
    Uang pendaftaran bisa bayarkan langsung di sekretariat atau lewat rekening Komunitas Matapena
    Bank                     : BANK NIAGA 
    Atas nama            : KOMUNITAS MATAPENA 
    Nomor rekening    : 019.01.00031.00.7
  5. Bersedia mematuhi kode etik anggota komunitas.


No comments:

Post a Comment

Post a Comment