Monday 28 January 2013

Pengertian Blog, Isi, dan Tujuan



Pengertian Blog. Bagi Anda yang belum sering mendengar kata blog, namun belum tahu tentang pengertian blog, maka artikel ini akan membahasnya. Karena, jangankan orang yang hanya mendengar saja, bahkan orang yang sering blogging pun kurang tahu apa definisi atau pengertian blog itu sendiri.


Blog adalah singkatan dari weblog, biasanya berisi konten yang sifatnya dinamis. Blog juga dapat berarti catatan online. Blog akan sering mengalami update atau memiliki postingan terbaru. Biasanya blog digunakan seorang blogger untuk berbagi infomasi, tips, ataupun sekedar pengalaman pribadi.

Blog mempunyai ciri-ciri yaitu mempunyai nama dan alamat yang dapat diakses secara online, mempunyai tujuan, mempunyai postingan atau isi yang berupa informasi, catatan, dan artikel. 

Tujuan umum dari blog sendiri antara lain bisa digunakan untuk berbagi pengalaman, saling bertukar ilmu/pengetahuan dengan pembaca, sebagai alat untuk bekarya atau aktualisasi diri, untuk mengisi waktu luang dan menyalurkan hobi, memberikan manfaat kepada diri sendiri maupun orang lain.

Dalam blog terdapat beberapa fitur yang memudahkan para pembaca untuk menjelajahi isi dari blog tersebut, fitur-fitur blog ini misalnya adalah arsip dan komentar. Arsip adalah kumpulan link artikel yang akan memudahkan pengunjung blog untuk mengetahui artikel apa saja yang sudah ditulis oleh pemilik blog. Komentar adalah sebagai sarana komunikasi antara pemilik blog dengan pembaca sehingga jika ada pertanyaan maka dapat dijawab langsung oleh pemilik blog tersebut. Sifatnya yang statis membuat blog ini lebih banyak mendominasi hasil pencarian di search enginee.


Blog pun tidak hanya bisa digunakan untuk media berbagi, melainkan blog juga bisa digunakan untuk ladang usaha atau alat bisnis lho. Bagaimana bisa? Begini jawabannya…

Dengan sifatnya yang mudah terindeks oleh search engine, membuat orang lebih banyak mendatangi blog ketimbang website. Kedatangan visitor tersebut bisa saja mencari sebuah informasi, sebuah tips ataupun hal lainnya. Nah, untuk menjadikan blog sebagai ladang usaha, maka pemilik blog bisa menempatkan iklan atau promosi produk, dengan harapan pengunjung yang datang tertarik dengan penawaran yang diberikan. 

Itulah sedikit gambaran tentang pengertian blog. Jika Anda tertarik untuk belajar membuat blog, maka bisa mencari informasinya di google, selaku mesin pencari nomor satu di dunia. Semua informasi tentang cara membuat blog tersedia dengan lengkap. 

Dan sebagai tips bagi Anda yang baru tahu tentang pengertian blog dan ingin mencoba blogging, maka bisa menggunakan beberapa alternatif blogging gratisan dengan menggunakan wordpress.com ataupun blogger.com.

Sekarang sudah paham kan apa itu pengertian blog? Selanjutnya, mari kita mulai praktek untuk menjadi seorang blogger masa depan

No comments:

Post a Comment