Thursday 31 January 2013

Santri Indonesia Membatik



            Oke tanpa banyak basa-basi mungkin langsung saja saya bercerita tentang pengalaman terhebat saya tentang batik.

Berawal dari iseng-iseng online buka facebook orang lain, di salah satu facebook saya menemukan fanpage kartun ngampus. Dan yang membuat saya tertawa adalah saya menemukan komik berformat JPG. Karakter kartun dalam komik itu yang menggunakan batik, lalu photo bersama antara mahasiswa dan dosen. Entah belanja batik dari toko batik online mana tuh karakter, atau belanja batik dari butik batik mana? Yang jelas dari situ terbentuklah cerita pengalaman yang gila ini.



Setelah lewat tiga hari dari melihat komik yang nggak sengaja itu, saya baru sadar setelah melihat setatus teman-teman facebook pada mengucapkan selamat hari batik nasional. Mungkin saking katroknya, saya yang online setiap hari bahkan tidak tahu kapan hari batik itu tiba. Hehehehe maklumlah, saya adalah mahasiswa yang suka berbatik pada siang hari di atas bantal jikalau malam tak bisa tertidur. Dan yang apesnya, pasti setiap malam saya tidak tidur. Alhasil saya seolah-olah menjadi seorang pembatik dengan batik tulis yang menggunakan canting di atas bantal. Hehehe.

Sebulan lebih lewat dari kejadian malam itu. Tepatnya tanggal tanggal 5 November 2011, saya diajak ke Jogja dengan teman se-kelas. Alasannya cuma satu, yaitu penasaran dengan cara pembuatan batik tulis. Dari Wonosobo kita berangkat menggunakan bis berharap 28 personel kelas ini bisa mendapatkan kejutan tentang batik apapun itu.

Sesampainya di Jogja kita bermain di museum batik Jogja. Mungkin karena terlalu lama di jalan (memang sambil jalan-jalan dulu sih sebelumnya hehehe). Kita sampai di Jogja tepatnya di museum batik jam 8 malam. Banyak cerita yang tak terlupakan saat kami mengenal nama-nama batik dan jenis-jenisnya.

Ke-esokkan harinya tepatnya tanggal 6 November 2011, kami bermain ke Taman sari Jogja. Dan yang membuat saya terkejut lagi yaitu saya menemukan Pengrajin Batik Kampung Tamansari Yogyakarta, yaitu batik Lek Iwon. Saat saya wawancara dengan beliau mengapa beliau kok mau menjadi pengrajin batik? Jawab beliau adalah, “Sebagai generasi pemuda yang ikut terpanggil untuk MELESTARIKAN Seni & budaya batik sebagai karya seni milik Indonesia, lewat karya Batik Lukis, Batik Fashion, dan batik lainnya saya rela menjadi pengrajin batik sebagai wujud cinta tanah air dan melestarika budaya.” Keren banget kan. Oh iya, untuk lokasi alamat mereka itu ada di Taman Kt1/433 Rt36/Rw 09, kel.Patehan, Kec.Kraton Yogyakarta. Silahkan kalau mau berkunjung di Home Industri atau tokobatik mereka. Hehehe.

Minggu, 1 April 2012

Hari ini saya ke Jogja lagi melakukan Perjalanan Sutra menuju SBO Children Center, yang mana perjalanan kali ini saya merasa di kelilingi batik-batik yang bersemi indah (hehehe agak lebay dikit bolehkan?). Jadi tujuan saya itu adalah ingin bekerja sama mengajukan proposal untuk mengadakan pelatihan batik semacam Workshop di sekolah-sekolah Wonosobo gitu. Dan alhamdulillah kerjasama diterima.

Malam harinya saya pulang ke Wonosobo membawa kabar gembira tentang batik dari Jogja. Langsung saja pada siang harinya kami membentuk panita untuk pelatihan workshop batik ini. Acara kami kami beri judul “SANTRI INDONESIA MEMBATIK” (COOL BANGET KAAN?). Berikut ini adalah famplet yang kami buat untuk acara Workshop Santri Indonesia Membatik:

Famplet "Santri Indonesia Membatik"
https://www.facebook.com/photo.php?fbid=396753627012120&set=t.100001394532467&type=3&permPage=1

Oh iya, acara kami diselenggarakan full di bulan Mei 2012. Tema kami dalam acara membatik ini adalah “Membumikan Nilai-nilai Kearifan Lokal Dalam Budaya Batik”. Acara kami buat 100% gratis tanpa galau, karena kami melihat situasi yaitu acara kami diadakan pada waktu liburan sekolah khususnya SMA kelas XII, dan terpilihlah SMA Takhassus Al-Qur’an Dero Duwur menjadi tuan rumah batik.

Sasaran kami dalam acara ini adalah mereka kelas XII yang baru saja selesai UAN dan UAS. Mengapa kami memilih kelas XII? 1. Di waktu liburan seperti ini mereka sedang dalam posisi galau dan bingung memilih Perguruan Tinggi mana untuk mereka melanjutkan belajar. Maka dari itu acara ini sebagai obat kegelisahan mereka. 2. Melihat keadaan di kota ini, kami khawatir dengan mereka yang tak memiliki biaya untuk melanjutkan kuliah akan menjadi pengangguran. Maka dari itu kami mengadakan acara ini sebagai bekal mereka untuk berwira usaha, salah satunya dengan membatik. Toh sapa tau mereka bisa membuka butik batik atau toko batik dan membuat pelayanan marketing batikonline yang siap bekerja siang malam. Dan yang ke 3. Kami, saya dan teman-teman Matapena rayon Wonosobo memang mempunyai agenda program kerja seperti itu, yaitu menciptakan generasi yang cinta budaya sendiri dan melestarikannya.

Memang butuh perjuangan untuk acara batik ini. Siang malam kami bekerja memfasilitasi acara dan fasilitator. Belum lagi perjuangan menyebar proposal sponsor untuk mendukung jalannya acara batik ini. Yang lebih keren, dari 23 proposal kami semuanya nihil alias di TOLAK. Mungkin acara kami masih terlalu asing dan dirasa nggak mungkin banget bagi mereka yang menolak proposal kami. Mau bagaimanapun acara batik ini harus tetap berlanjut. Akhirnya dari panitia yang berjumlah 15 orang ini bantingan (baca: Urunan) untuk acara ini. (jumlah urunannya rahasia saja ya. Ini perjuangan yang sangat keren sich untuk diceritakan, he)

Minggu, 10 Juni 2012

Alhamdulillah berkat kerjasama dan kerja keras bersama, kami mendapat kabar dari beberapa peserta Santri Indonesia Membatik. Yaitu, mereka yang tak bisa melanjutkan kuliah setelah lulus SMA diterima kerja di beberapa rumah kreatif batik. Pengalaman memegang canting saat membatik, belanja kebutuhan-kebutuhan acara, sampai suatu malam kami(panitia) juga iseng belajar membatik. Hehehe.

“TETAP JAYA BATIK INDONESIAKU”

NB:
Buat teman-teman pecinta batik di manapun kalian berada, baik yang lagi online atau tidak. Mari kita bersama-sama “Membumikan Nilai-nilai Kearifan Lokal dalam Budaya Batik

“SALAM SANTRI INDONESIA MEMBATIK” YOOOHHOOOO.

4 comments:

  1. dolan nek ndi cuk? "Woyoooo batik jaya"

    ReplyDelete
  2. Pengalaman yang sangat menarik, saya suka :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih shob. kritik dan saran saya nantikan selalu shob. ^_^ salam kenal dari saya ^_^

      Delete